Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Sabtu, 08 Desember 2012

Sayyid Hamzah Syato



Sayyid Hamzah Syato





Sayyid Hamzah Syato adalah termasuk dzurriyyah Rosulullah dan juga keturunan raja Abd. Aziz.

Beliau adalah orang yang alim di segala fan khususnya Al-Qur’an dengan bukti setiap harinya dan dimanapun berada beliau selalu wiridan Al-Qur’an, beliau jug masih keponakan Assyeh Al’Allamah Al’Arif billah Abi Bakar (Sayyid Bakri) bin Sayyid Muhammad (pengarang kitab I'anatut Tholibi Syarah Fathul Mu’in).

Sejarah kehidupan beliau, dulu pada masa pemerintahan Malik Syarif Husain di kudeta kurang lebih abad 18 M, oleh faham lain yang dipimpin oleh Abdullah bin Sa’ud yang ingin menegakkan fahamnya yaitu Wahabiyyah, sehingga timbul dan tertanam kebencian terhadap faham Ahlussunnah waljama’ah pada khususnya. Kebencian tersebut melebar terhadap para Habaib khususnya yang bermukim di Tarim Hadhromaut Yaman termasuk beliau Sayyid Hamzah Syato, dikarenakan Habaib pada waktu itu adalah pimpinan utama faham Ahlussunnah waljama’ah.

Akibat dari kebencian yang begitu mendalam Abdullah bin Sa’ud berkeinginan kuat memberantas dan membunuh para Habaib termasuk beliau dan juga adiknya (Sayyid Hasyim).

Akhirnya beliau melarikan diri tapi bukan semata takut kepada musuh, melainkan untuk mempertahankan dan menyebarkan misi Ahlussunnah waljama’ah agar tetap syi’ar.

Singkat cerita pada akhirnya beliau sampai di Indonesia dan kemudian berada di Sedan bersama KH. Abd Hamid, memang orang yang pertama kali beliau kenal adalah KH. Abd. Hamid, dan sebab perkenalan itulah beliau bisa sampai ke daerah Sedan. Namun sebelumnya beliau juga pernah mukim di daerah Jawa Barat yaitu Bogor kemudian di daerah Jawa Timur yaitu Malang. Di Sedan beliau menempati rumah mbah Masykur (rumah mbah Munawir sekarang. red).





SIKAP, SIFAT DAN JASA



Mbah Sayyid Hamzah Syato merupakan ibarat payung yang memayungi ulama-ulama di Sedan dan wilayah sekitarnya. Beliau sangat tawadhu’, diantaranya setiap ada masalah-masalah yang dipertanyakan kepada beliau pasti dilemparkan kepada kyai-kyai yang ada di Sedan untuk menjawabnya, meskipun sebenarnya beliau sendiri sanggup menjawabnya.

Beliau juga dermawan baik dalam hal yang sedikit ataupun yang berjumlah besar, baik itu di kalangan masyarakat atau untuk anak-anak, contohnya kalau beliau bertemu dengan anak-anak pasti memberiokan manisan atau uang, dan lagi di kalangan masyarakat beliau sampai mendirikan 63 masjid.

Beliau juga termasuk motivator berdirinya madrasah Tuhfatus Shibyan. Berkat bantuan dan dorongan beliau mbah zawawi mampu memajukan madrasah Tuhfatus Shibyan di wilayah Sedan yang tersanjung dan dibanggakan.

Pernah Sayyid Hamzah Syato salah sedikit dalam masalah agama (syari’at) lalu diingatkan oleh simbah KH. Abd Syakur (Swedang) sekaligus beliau menyadari dan sangat berterima kasih sekali dikarenakan ada yang mengingatkan, sampai-sampai tanda terima kasih beliau pada saat simbah KH. Abd Syakur berkunjung ke Sedan dan ingin kembali ke Swedang diantar oleh Sayyid Hamzah Syato yaitu dengan berjalan dari Sedan sampai Swedang yang jaraknya puluhan kilo meter dengan meniti gerobak yakni simbah KH. Abd Syakur di atas gerobak/cikar. Itulah sifat mulia beliau dalam hal agama.

Kemanapun beliau selalu menunjukkan sifat tawdhu’nya kepada siapa saja terutama kepada masyarakat.

Tiap dalam perjalanan tidak lepas dari dzikiran Al-Qur’an, sehingga berkat mudawamahnya beliau dalam menalar Al-Qur’an kelihatan karomahnya yang terpancar di wajah beliau.

Wajah beliau kelihatan bersih seoah-olah bersinar sehingga orang yang berpandangan dengan beliau dalam jangka yang lama tidak begitu kuat, dan masih banyak lagi karomah-karomah beliau yang lainnya.

Beliau wafat di Sedan sekitar tahun 40-an.  Semoga syafaat, barokah dan curahan ilmu beliau selalu mengalir menyirami langkah-langkah hidup kita dalam menuntut ilmu. Aamiin…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar