Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Kamis, 27 Desember 2012

AL-IMAM AL-HABIB HASAN BIN ABDULLAH BIN UMAR ASY-SYATHIRI



AL-IMAM AL-HABIB HASAN BIN ABDULLAH BIN UMAR ASY-SYATHIRI (SHOHIBUL FIROSAH SHODIQOH AL-MUKASYIF BI NUURILLAH)



Beliau adalah Al-Imam Al-‘Allaamah Al-Faqih, Al-Waro’ Az-Zaahid Al-Mursyid Al-‘Arif billaah Ad-Daalu ‘alaihi Ad-Daa’i ilallah bihaalihi wa maqoolih Al-Qudwah Shohibul Firosah Shodiqoh Al-Mukasyif bi nuurillah Jammut Tawadhu’ Al-Ab asy-Syafiq Dzul Haibah fin Nufus Shohib al-‘Ain an Nadhirah salah seorang Ahlul bait nabi SAW hal tersebut dapat dilihat dari nasab beliau yang tersambung hingga Rasulullah SAW.


Nasab Beliau

Al-Habib As-Sayyid Hasan bin Al-Imam Al-‘Allamah Syaikhul islam Al-Habib Al-Quthb Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Ali bin Husein bin Muhammad bin Ahmad bin Umar bin Alawy Asy-Syathiri bin Al-Faqih Ali bin Al-Qhodhi Ahmad bin Muhammad Asadullah fi ardih bin Hasan At Turobi bin Ali bin Al Ustadz Al-A’dzom Al-Faqih Al-Muqoddam Muhammad bin Ali bin Muhammad shohib Mirbath bin Ali Kholi’ qosam bin Alawy bin Muhammad maula as-Som’ah bin Alawy maula Sumul bin Ubaidillah bin Al-Muhajir ilallah Ahmad bin Isa Arrumi bin Muhammad An-Naqib bin Ali Al-‘Uraidli bin Ja’far Ash-Shodiq bin Muhammad Al-Baqir bin Al-Imam As-Sajjaad Ali zainal Abidin bin Al-Imam Husein bin Al-Imam Ali bin Abi Tholib Putra dari sayyidatina Fatimah Az-Zahra putri Rasulullah SAW.


Kelahiran Beliau

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

لَوْ لاَ اْلمُرَبِّيْ مَا عَرَفْتُ رَبِّيْ

 “KALAULAH BUKAN KARENA PENDIDIK NISCAYA AKU TAK MENGENAL TUHANKU”

Al-Habib Hasan dilahirkan dikota Tarim Hadromaut Yaman Selatan pada tanggal 7 Jumadits Tsaniah 1346 H. Beberapa saat setelah kelahirannya, ketika kakek beliau dari jalur ibunya Al-Habib Abdurrahman bin Muhammad Al-Haddad hendak memberinya nama beliau berkata ”Hasan memiliki sirr (rahasia keagungan) Syekh Abu Bakar As-Sakran”.

Beliau tumbuh dan dibesarkan di kota Tarim, sejak kecil telah diasuh dan dibimbing oleh ayahnya dengan didikan islami di tempat yang lingkungannya sangat baik dan di kawasan pergaulan yang suasananya sangat kental dengan nuansa keilmuan yang penuh dengan keberkahan di zaman yang tampak jelas dinaungi oleh para sholihin dan ulama besar serta terkenal yang mahir dalam bidang ilmu sehingga pada umur yang masih cukup muda yaitu 11 th beliau telah menghapal Al-Quran seluruhnya, dan beliau banyak mempelajari aneka bidang ilmu seperti Tafsir Al-Quran, Hadits An-Nabi SAW, Fiqh Syafi’i, Nahwu (Kaidah Bahasa Arab), Tasawwuf dan lain sebagainya.


Guru–guru Beliau

Beliau Al-Habib Hasan banyak menimba ilmu dari banyak guru (masyayikh) di zamannya, baik di kota Tarim ataupun yang lainnya dan kebanyakan dari guru-guru beliau adalah para murid utama ayahanda beliau yaitu Al-Imam Al-‘Allamah Syaikhul islam Al-Habib Al-Qutub Abdullah Asy-Syathiri yang merupakan salah seorang Syaikhul Ulama (gurunya para guru) di Hadromaut pengasuh Rubat Tarim yang dengan keberkahan ilmunya telah mencetak lebih dari 13.000 ulama yang tersebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Dan diantara guru–guru Al Habib Hasan selain ayahandanya adalah:
1.      Al-Imam Al-Arif billah Al-Habib Al-Muhab Al-Qutub Alawy bin Abdillah bin Syahab
2.      Al-Imam Al-Arif billah Al-habib Al-Qutub Ja’far bin Ahmad Al-Idrus
3.      Asy-Syaikhul ‘Allaamah Mahfudz bin Utsman Az-Zabidi
4.      As Syaikhul ‘Allaamah Salim bin Sa’id Bukaiyir Baa Ghoitsan
5.      Al-Imam Al-‘Allamah Al-Muhaddits Diyar Haromain As-Sayid Alawy bin ‘Abbas Al-Maliki Makki Al-Hasani
6.      Al-Imam Al-‘Allamah Asy-Syahid Al-Habib Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syeikh Abu bakar bin Salim
7.      Al-Habib Al-‘Allamah Umar bin ‘Alawy Al-kaaf
8.      Asy-Syeikh Umar bin ‘Awad Al-Haddad

Dan masih banyak lagi guru–guru beliau dan para musnid dan mujiz yang memberikan berbagai macam sanad serta ijazah kepada beliau yang tidak kami sebutkan dalam biografi (manaqib) singkat ini.

Dalam asuhan dan didikan ayahandanya yang sangat disiplin, beliau acapkali diajak menghadiri majlis–majlis ilmu dan di setiap penghujung malam beliau diajak ayahandanya pergi ke masjid-masjid Tarim yang berjumlah kurang lebih 360 masjid guna melaksakan qiyam lail (Sholat sunnah di malam hari), dan berziarah ke makam Auliya’ Zanbal dan ‘Inat makam Syeikh Abu Bakar bin Salim.

Setiap kali berziarah ke makam Syekh Abu Bakar bin Salim Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syathiri selalu berkata: ”Wahai Syeikh Abu Bakar, sungguh aku telah mendidik dan membimbing putramu Hasan bin Ismail, karena itu kumohon didik dan bimbinglah putraku Hasan”.

Tatkala ajal ayahandanya Al-Habib Abdullah bin Umar Asy-Syathiri telah dekat dan usia beliau kala itu sekitar 14 tahun, ayahandanya mengumpulkan seluruh anggota keluarganya seraya berwasiat “Wahai Mahdi… aku serahkan padamu tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini. Wahai Hasan… dan aku serahkan tanggung jawab kepemimpinan Rubath ini setelah kakakmu Mahdi dan jangan pernah kau tinggalkan Al-Quran”.

Ayahandanya wafat tatkata Al-Habib Hasan sedang mempelajari Tafsir darinya, ketika itu beliau sampai pada tafsir ayat Al-Quran, Pada hari Ini Telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan Telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan Telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.

Demikianlah isyarat kesempurnaan ilmu beliau yang tersirat lewat ayat tersebut, sebagaimana turunnya ayat ini sebagai tanda telah sempurnanya da’wah Rasulullah SAW pada Haji Wada’.

Kemudian beliau Al-Habib Hasan Asy-Syathiri berguru secara khusus kepada Al-Imam Al-Arif billah Al-Habib Al-Muhab Al-Qutub Alawy bin Abdillah bin Syahab yang memiliki julukan ‘Ain Tarim (Matanya kota Tarim) sosok berkarisma dan memiliki wibawa serta tegas dalam berkata. Sepenuh jiwa beliau serahkan dirinya kepada Al-Habib Alawy guna dididik dan dibina, beliaupun menyambutnya dengan penuh perhatian dan pendidikan yang tiada henti, mengajarkannya cara melatih, mengembangkan dan mengolah jiwa serta bagaimana mematikan sisi buruk jiwa manusia, sehingga mencapai kedudukan Nafs Muthma-innah (jiwa yang tenang) guna menjalin keharmonisan dunia dan akhirat.


Akhlak Beliau

Beliau sangat menjaga adab ketika duduk dimajlis–majlis ilmu terkhusus di hadapan guru besar beliau Al-Habib Alawy bin Abdillah bin Syahab, tidaklah beliau pernah mengangkat kepala beliau, seakan–akan terdapat seekor burung di atas kepalanya, bahkan tidaklah pernah terdengar hembusan nafasnya, hal tersebutlah yang membuat Al-habib Alawy bin Syahab begitu sayang terhadap beliau.

Pernah satu ketika Al-Habib Alawy memuji Beliau dengan mengatakan kepada rekan-rekannya: ”Hasan bin Abdullah Asy-Syathiri adalah putra ruhku”, dan ketika didepan Al-Habib Alawy beliau kehabisan suara tatkala sedang membacakan qosidah, Al-Habib Alawy berkata: ”Dia perlu diberi gula, tetapi gulanya harus langsung dari Al-Faqih Al-Muqoddam”.

Dan dengan perintah serta isyarat dari Al-Habib Alawy lah beliau memimpin majlis- majlis ilmu yang dihadiri oleh para Mufti dan Ulama, pada ketika itu beliau masih berusia 17 tahun usia yang sangat muda untuk memimpin majlis yang dihadiri para mufti dan ulama. Dan sungguh merupakan anugrah yang Allah berikan kepada beliau, tatkala beberapa saat sebelum gurunya wafat, Beliau Al-Habib Hasan Asy-Syathiri ketika itu dalam keadaan tertidur sedangkan Al-Habib Alawy berada di rumahnya

Dalam tidurnya Al-Habib Hasan Asy-Syathiri bermimpi melihat Al-Habib Alawy tengah duduk di atas pembaringannya, lalu Al-Habib Alawy berkata: “Wahai Hasan…aku akan bangkit dari tempat ini, dan sekarang duduklah engkau di tempatku ini”.

Setelah itu Beliau Al-Habib Hasan Asy-Syathiri terbangun dari tidurnya dan beliau mendengar berita duka wafatnya Al-Habib Alawy bin Syahab, dan dari mimpinya tersebut beliau menyadari betul bahwa beliaulah khalifah (pengganti) pelanjut Al-Habib Alawy dalam menjaga amanah peradaban kota Tarim. Hal tersebut beliau buktikan dengan tegasnya beliau dalam menentang masuknya paham–paham atau tradisi–tradisi baru yang merubah apa yang telah ditetapkan dan dilestarikan oleh para leluhurnya, dengan penuh wibawa dan ketawadluan beliau mengatakan: “Ini bukan kotaku, ini kota sayyid Al-Faqih Al-Muqoddam, kota para leluhurku, kita tidak berhak merubahnya, jika aku merusaknya dengan merubah tradisi mereka, maka sungguh aku malu berjumpa mereka ketika aku kembali nanti”.

Akhlak, suluk, ilmu dan amal beliau merupakan cermin Ulama salaf (terdahulu yang berpegang kuat ajaran Rasulullah SAW) yang terdapat dalam dirinya, membuahkan suri tauladan baik untuk para manusia yang ingin mengikuti jejak Rasulullah SAW. Itu semua terlukis dengan prilakunya dalam melaksanakan yang fardlu dan sunnah, beliau sangat tawadlu’ (rendah hati), welas asih terhadap semua makhluk, tidak senang dengan ketenaran (popularitas).

Dalam mendidik dan mengajarpun beliau sangat berpegang teguh pada metode para salaf, memulai dengan yang dasar kemudian sedang lalu yang mendalam. Pendidikan dan ajarannya bukan hanya lewat kata-kata yang beliau ucapkan, melainkan dengan perbuatannya yang sangat terpuji.

Diantara akhlak beliau yang sangat welas asih adalah ketika di Rubath ada seorang pencuri yang tertangkap, lalu dipukuli hingga babak belur, saat beliau mendengar hal tersebut beliaupun datang ke Rubat yang saat itu para pelajar sedang menghadiri perkumpulan mingguan guna mendengar nasihat dan peraturan–peraturan yang berlaku di Rubat serta evaluasi–evaluasi pendidikan ilmiyah dan amaliyah yang telah berjalan. Setelah bertanya siapa yang telah memukuli orang tersebut hingga babak belur dan beberapa orang mengaku mengajukan diri mereka beliaupun dengan wajah memerah, suara agak tinggi berkata: ”Siapa kalian? Sehingga berhak memukuli orang ini hingga babak belur” diantara mereka ada yang menyahut ”Dia telah mencuri ya Habiib”

Beliaupun berkata “Lantas apa dia patut untuk dipukul? Apa dia budak sahayamu? Bukan begitu memperlakukan yang salah wahai anak-anakku”.

Beliau sangat menginginkan kebahagiaan dan kebaikan pada setiap orang terkhusus anak-anak didiknya dan sangat tidak menginginkan keburukan terjadi atau ada pada diri mereka, sehingga tak pernah bosan beliau memberikan peringatan dan semangat lewat nasehat-nasehatnya yang sangat menyentuh qalbu.


Nasehat-nasehat Beliau

Diantaranya nasehat-nasehatnya beliau mengatakan

”Wahai anakku, makanlah dari hasil usahamu dan jangan kau makan dengan menjual agamamu”,

dan ketika salah seorang pelajar yang hendak pulang ke Indonesia meminta wasiat darinya, beliaupun berkata “Perbanyaklah engkau bersujud dan mintalah ikhlas kepada Allah SWT, dan pendamlah dirimu di tempat yang orang tak mengenalmu”.

Beliaupun selalu mengatakan ”Janganlah kalian menjadi orang yang banyak disanjung namun engkau memiliki cela yang terselubung”

“Jadikanlah adabmu seperti tepung dan ilmumu laksana garam”

“Cinta tak butuh dekatnya jarak namun dekat membutuhkan cinta”

“Yaa Ikhwaanii..Wahai saudara-saudaraku.. cukuplah bagi kalian mengamalkan apa yang terdapat di dalam kitab Bidayatul Hidayah Milik Al-Imam Al-Ghozali”

“Janganlah kalian sedih dengan mimpi-mimpi buruk yang padahal kalian telah banyak berbuat keta’atan, karena hal tersebut merupakan pendidikan untuk jiwamu, mimpi-mimpi indah tak berarti apa-apa bila seseorang tersebut terlena oleh mimpi dan terus tenggelam dalam ma’siat”

“Penuhilah hak-hak orang, dan janganlah kau menuntut hakmu dari mereka, bantulah orang yang meminta bantuan padamu semampumu”

”Kesolehan seseorang tidaklah dilihat dari imamah (ikat kepala) yang besar atau sorban yang lebar dan bukan pula kepandaian berbicara di atas mimbar”.

Begitu banyak mutiara nasehatnya yang diberikan secara tulus kepada para santri dan orang yang meminta wasiat ataupun nasehat kepada beliau.

Dikisahkan bahwa ketika tubuh beliau terasa sakit, murid tersayangnya pun pergi dan membawa seseorang guna memijat tubuh beliau, ketika pemuda tersebut memegang kaki beliau, beliaupun bertanya ”Siapa namamu? Dari mana asalmu? Dan sudah berapa lama engkau bekerja sebagai tukang pijat di Tarim?”

Pemuda itupun menjawab bahwa ia berasal dari Indonesia dan saat ini menetap di Tarim sebagai seorang pelajar. Beliaupun terkejut lalu menegur murid beliau dengan keras seraya berkata “Menyuruh seorang penuntut ilmu yang datang dari jauh untuk memijat adalah sesuatu yang terlarang, itu merupakan pemerkosaan hak yang dosanya amat besar.. Jangan pernah engkau mengulanginya lagi”.

Tatkala beliau mendapat banyak sanjungan dan pujian beliaupun dengan penuh ketawadlu’an (rendah hati) berkata “Saya senang tapi saya tidak pernah terlena dengan pujian itu”, beliaupun menegaskan dalam bait-bait qasidah yang beliau buat sendiri dengan ungkapan sebagai berikut “Kalian telah memuliakanku dengan sesuatu yang tidak pernah kuperkirakan, sedang pemilik kemurahan (Allah SWT) selalu memberi melebihi apa yang diperkirakan”

“Ini adalah anugerah yang kuperoleh tanpa bersusah payah untuk mencarinya, itu semata-mata murni karunia Yang MahaKuasa”.

“Umurku semua habis dalam kesia-siaan yang tidak berguna, begitulah keadaanku seterusnya wahai keluargaku”

“Inilah kebanggaanku, bukan dengan keagungan dan kekayaan. Adapun kekayaan dunia cukup hanya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari”.


Karomah Beliau

Adapun keistimewaan-keistimewaan yang Allah berikan kepada beliau berupa karomah amatlah banyak, diantaranya adalah firasat beliau yang sangat tajam, dimana ketika beliau usai mengadakan pengajian sore di masjid Babtinah yang terletak berdampingan dengan Rubath, seorang santri yang bersalaman dan mencium tangan beliau, beliaupun memegang tangan pemuda tersebut seraya bertanya “Engkau dari mana?” pemuda tersebut menjawab “dari tempat renang ya Habiib”

Habib pun bertanya “Engkau merokok?” pemuda itupun menjawab dengan berbohong “tidak ya habiib, saya tidak merokok”

Dengan tersenyum beliau berkata “Jangan engkau takut kepadaku wahai saudaraku,  takutlah engkau pada Allah” sambil malu malu pemuda itu hanya bisa berkata ”Iya Habib Iya”.

Inilah sekelumit keluhuran budi akhlak, pendidikan dan ajaran serta perjalanan hidup beliau.


Kewafatan Beliau

Beliaup wafat pada hari Jum’at tepat ketika adzan Jum’at berkumandang tanggal 11 Rabi’ul Awwal 1425H, bertepatan dengan tanggal 30 April 2004 M di kota Abu Dhobi Uni Emirat Arab, dan dikebumikan di Zanbal Tarim bersama para leluhurnya.

1 komentar:

  1. https://www.facebook.com/photo.php?fbid=385868068170538&set=a.356613851095960.85503.347695735321105&type=1&relevant_count=1

    BalasHapus