Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Selamat Datang di Taman Biografi Ulama dan Habaib. Barakallahu Lana wa Lakum

Selasa, 09 Oktober 2012

KH. Sholeh bin Umar As-Samarani (Mbah Sholeh Darat)

MBAH SHOLEH DARAT

Nama lengkapnya adalah Muhammad Saleh bin Umar As-Samarani, yang dikenal dengan sebutan Mbah Soleh Darat, hidup sezaman dengan Syekh Nawawi Banten dan Syekh Kholil Bin Abdul Latif Bangkalan Madura, lahir di Kedung Cemlung, Jepara pada tahun 1235 H./1820 M., dan wafat di Semarang pada hari Jum’at 29 Ramadhan 1321 H. atau 18 Desember 1903 M. Ketiga ulama yang berasal dari Jawa itu juga sezaman dan seperguruan di Mekah dengan beberapa ulama dari Patani diantaranya adalah Syekh Muhammad Zain bin Mustafa Al-Fathani (Lahir 1233 H./1817 M., wafat 1325 H./1908 M.). Mereka juga seperguruan di Makkah dengan Syekh Amrullah (Datuk Prof. Dr. Hamka) dari Minangkabau, Sumatera Barat.

JEJAK PENDIDIKAN MBAH SALEH DARAT
Jejak pendidikan beliau dimulai dari ayahnya Kyai Haji Umar yang merupakan pejuang Islam yang pernah bergabung dengan pasukan Pangeran Dipone-goro, meliputi ilmu dasar-dasar agama Islam, kemudian beliau belajar kepada Kyai Haji Syahid, ulama besar di Waturoyo, Pati, Jawa Tengah. Sesudah itu beliau di-bawa ayahnya ke Semarang untuk belajar kepada beberapa ulama, diantaranya adalah Kyai Haji Muhammad Saleh Asnawi Kudus, Kyai Haji Ishaq Damaran, Kyai Haji Abu Abdillah Muhammad Hadi Banguni (Mufti Semarang), Kyai Haji Ahmad Bafaqih Ba’alawi, dan Kyai Haji Abdul Ghani Bima. Ayahnya Kyai Umar sangat berharap agar anaknya kelak menjadi ulama yang berpengetahuan sekaligus ber-pengalaman, karena pengetahuan tanpa adanya pengalaman adalah kaku, sebaliknya berpengalaman tanpa pengetahuan yang cukup adalah ibarat tumbuh-tumbuhan yang hidup di tanah yang gersang, karena seseorang yang mempunyai pengalaman dan penge-tahuan yang banyaklah yang diperlukan oleh masyarakat Islam sepanjang zaman. Oleh hal itulah ayahnya mengajaknya merantau ke Singapura. Beberapa tahun kemudian, bersama ayahnya, beliau berangkat ke Makkah untuk menunaikan ibadah hadi sekaligus tinggal disana untuk mendalami berbagai ilmu kepada beberapa ulama di Makkah pada zaman itu, diantaranya adalah: Syekh Muhammad Al-Muqri, Syekh Muhammad bin Sulaiman Hasbullah Al-Makki, Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, Syekh Ahmad Nahrowi, Sayyid Muhammad Saleh bin Sayyid Abdur Rahman Az-Zawawi, Syekh Zahid, Syekh Umar Asy-Syami, Syekh Yusuf Al-Mishri dan Syekh JamAl-(Mufti Madzhab Hanafi).
Setelah beberapa tahun berkelana mencari ilmu, tibalah saatnya beliau diberikan izin untuk mengajar di Makkah, banyak muridnya yang berasal dari Tanah Jawa dan Melayu. Setelah menetap di Makkah selama beberapa tahun untuk belajar dan mengajar, Mbah Saleh Darat terpanggil hatinya untuk pulang ke Semarang karena bertanggung jawab dan ingin ber-khidmat terhadap tanah tumpah darah sendiri. “Hubbul wathan minAl-Iman” yang artinya cinta tanah air sebagian dari iman. Itulah yang menyebabkan beliau harus pulang ke Semarang.

MENDIRIKAN PONDOK PESANTREN
Sebagaimana tradisi ulama dunia Melayu terutama ulama Jawa dan Patani pada zaman itu, bahwa setelah pulang dari Makkah harus mendirikan pusat pengajian berupa Pondok Pesantren. Mbah Saleh mendirikan pondok pesantren di pesisir kota Semarang. Sejak itulah beliau dipanggil orang dengan gelar Kyai Saleh Darat Semarang. Terkenal sebagai pendiri pesantren nama beliau semakin berkibar di seantero Jawa, terutama Jawa Tengah. Diantara murid-murid beliau yang menjadi ulama tersohor adalah:
1.    KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri Nahdlatul Ulama)
2.    Syekh Mahfudz At-Turmusi (Ulama Besar Madz-hab Syafi’i yang ahli dalam bidang hadits).
3.    KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah)
4.    KH. Bisri Syamsuri (Pendiri Pesantren Mamba’ul Ma’arif Jombang).
5.    KH. Idris (Pendiri Pondok Pesantren Jamsaren, Solo)
6.    KH. Sya’ban (Ulama Ahli Falak di Semarang)
7.    KH. Dalhar (Pendiri pondok pesantren Watuco-ngol Muntilan, Magelang).
8.    Raden Ajeng Kartini, yang menjadi simbol kebang-gaan kaum wanita Indonesia.
Yang mengagumkan dari kesekian murid beliau, ada tiga orang yang disahkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia, yaitu KH. Ahmad Dahlan (1868–1934 M.), dengan Surat Keputusan Pemerintah RI, No. 657, 27 Desember 1961, Hadratus Syekh Hasyim Asy’ari (1875–1947 M.), dengan Surat Keputusan Presi-den RI, No. 294, 17 November 1964, Raden Ajeng Kartini (1879–1904 M.), dengan Surat Keputusan Presiden RI, No. 108, 12 Mei 1964.
GORESAN PENA MBAH SALEH DARAT
Diantara karya-karya Mbah Saleh yang terlahir dari tangan kreatifnya adalah:
1.    Majmu’ah Asy-Syari’ah Al-Kafiyah li Al-Awam, kandungannya membicarakan ilmu syari’at untuk orang awam.
2.    Al-Hakim, kandungannya tentang ilmu tasawuf, yang merupakan petikan-petikan penting dari kitab Hikam karya Syekh Ibnu Atho’ilah As-Sakandari.
3.    Kitab Munjiyat, kandungannya tentang ilmu tasawuf, yang merupakan petikan penting dari kitab Ihya’ Ulumuddin karya Al-Ghazali.
4.    Kitab Batha’if At-Thaharah, kandungannya mem-bicarakan tentang hukum bersuci.
5.    Kitab Faidhir Rahman, kandungannya merupakan terjemahan dari tafsir Al-Qur’an ke dalam bahasa Jawa. Kitab ini merupakan terjemahan dari tafsir Al-Qur’an yang pertama dalam bahasa Jawa di dunia Melayu. Menurut riwayat, satu naskah kitab tafsir tersebut pernah dihadiahkan kepada RA. Kartini ketika mrnikah dengan RM. Joyodiningrat (Bupati Rembang).
6.    Kitab Manasik Al-Hajj, kandungannya membicara-kan tentang tata cara mengerjakan haji.
7.    Kitab Ash-Shalah, kandungannya membicarakan tentang tata cara sholat.
8.    Terjemahan Sabil Al-‘Abid ‘Ala Jauharah At-Tauhid, kandungannya tentang aqidah Ahli Sunnah Wal Jama’ah, mengikut pegangan Iman Abu Hasan Al-Asy’ari dan Imam Abu Mansur Al-Maturidi.
9.    Mursyid Al-Wajiz, membahas tentang tasawuf dan akhlak.
10. Minhaj Al-Atqiya’, membahas tentang tasawuf dan akhlak.
11. Kitab Hadits Al-Mi’raj, membahas tentang perjala-nan Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Baitul Maqdis dan selanjutnya ke Mustawa menerima perintah sholat lima waktu sehari semalam. Kitab ini sama kandugannya dengan Kifayah Al-Muhtaj karya Syekh Daud Bin Abdullah Al-Fathani.
12. Kitab Asrar As-Shalah, membahas tentang rahasia-rahasia shalat.
Hampir semua karya Mbah Saleh Darat ditulis dalam bahasa Jawa dan menggunakan huruf Arab (Pegon atau Jawi), hanya sebagian kecil yang ditulis dalam Bahasa Arab bahkan sebagian orang berpendapat bahwa orang yang paling berjasa menghidupkan dan menyebarluaskan tulisan pegon (tulisan Arab Bahasa Jawa) adalah Mbah Saleh Darat Semarang.

30 komentar:

  1. subhanallah ..nderek gandulan sarungipun mbah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      Hapus
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
    3. WASSALASSALAMUALAIKUM
      Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
      Syukur alhamdulillah kini saya bisa jalankan usaha sy lg
      yang sempat Bangkrut beberapa THN yng Lalu Dililit UTANG RP.15.MILIAR namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama KI RIDWAN ABDULLAH di Nomor Telpon (+62812-9483-0091) ATAU KLIK DISINI http//ritualkiridwan.blogspot.com di jamin bantuan beliau 100% berhasil.�
      BANTUAN DARI ki,RIDWAN ABDULLAH
      1.PESUGIHAN
      2.USAHA BANGKRUT
      3. DANAH GHAIB
      4.PENGGANDAAN UANG
      5.UANG BALIK
      6.PEMIKAT
      7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
      8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
      Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
      Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi KI RIDWAN ABDULLH.

      Hapus
  2. subhanalloh, kalau RA.Kartini ikut mengkaji kitab2 mbah Soleh, maka ibu Kartini pasti mengenakan busana muslimah ( menutup aurat ) jadi LAYAK DI PERTANYAKAN dari mana sumber informasinya kalau Ra. kartini termasuk murid Mbah Soleh.
    SEMENTARA HASIL PEMIKIRANnya DAN PERILAKUnya tidak ada tanda tanda seorang Muslimah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Abda...tolong buka wawasan anda lebih luas lagi tentang islam dan biografi RA. Kartini sebelum menilai negatif..

      Hapus
    2. Mas abda... monggo ngaos sareng2.

      Hapus
    3. Pakai pakaian tradisi leluhur apa gak boleh? Istri dari gusdur saja juga pakai pakaian adat jawa

      Hapus
  3. Terima kasih postingannya, sangat bermanfaat. Tentang mbah Sholeh Darat ini, referensi pustakanya bisa ditelusuri di buku apa ya? Kbetulan sy sdng berjumpa dgn kitab beliau, kitab Munjiyat. Dan membutuhkan referensi2.
    Syukron.

    BalasHapus
  4. RA Kartini termasuk pioneer waktu Penerjemahan Al Qur'an dengan bahasa Jawa. Namun yang dimunculkan bahwa RA Kartini adalah pejuang Gender.. sungguh menyesatkan. Fakta yang benar : "Habis gelap terbitlah terang",,,,, berasal dari kata : Minna dzulumaati ila nnuur. Wallahu 'alam bis showwab

    BalasHapus
  5. mas Abda RA Kartini adalah muslimah, dan Muslimah tidak selalu hanya di nilai dari busananya. jangan menilai muslimah hanya dengan busananya, itu mempersempit makna muslimah yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  6. Makin bangga jadi santri pesantren tradisional

    BalasHapus
  7. Kadang sejarah ada yang di bengkok2 kan. Saya pernah diceritain temen yg katanya sumber terpercaya. RA.kartini sebenarnya pake jilbab. Tp trus dibengkokan belanda katanya. Jare lho..
    Wallahu 'alam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  8. wah Mbahku kui diposting nang kene...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beliau jg mbah saya menurut family yg sudah menelusuri silsilah kami, berarti kita masih terhitung dekat y mas :D

      Hapus
    2. Mbah Sholeh berdasarkan riwayat keluarga juga adalah mbah buyut kami. bapak saya Abdul Mujib bin Syaubari bin Shaleh bin Umar. Pesantren keluarga kami terdapat di Soropaten Magelang termasuk pesantren tertua di sana.Semoga keturunan beliau mengikuti jejak langkah buyutnya. Amin YRA.

      Hapus
    3. Setelah Syaubari bin Shaleh bin Umar bin siapa lagi mbak zaima?
      Soalnya menurut riwayat mbah Shaleh Darat lahir di desa saya Kedung Cumpleng Ngroto Mayong Jepara.

      Hapus
  9. Tulis juga donk keramat Mbah Sholeh Darat, seperti ini:
    Keramat Mbah Sholet Darat

    BalasHapus
  10. R.A kartini kan keluarga bangsawan
    Sedangkan pakaian jawa jaman itu kan ya gitu, bangsawan pula
    Coba deh cari bangsawan perempuan jawa islam jaman itu yang pake hijab
    Jaman dulu kan belom ada instagram
    Mempelajari sejarah jangan hanya dari satu sisi

    BalasHapus
  11. Ra kartini keturunan habaib ...

    BalasHapus
  12. awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan aki sunan atau bisa dibilang uang goib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi aki sunan saya minta bantuan uang goib 900,jt sama beliau .dan saya IBU NIA benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa aki sunan bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan beliau saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya beliau membantu saya uang goib sebesar 900 juta .saya sangat berterimah kasih kepada aki sunan atas bantuan beliau ,dan saya ibu nia menyapaikan kepada saudarah-saudarah yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi 085_242_421_477 aki sunan saya sudah membuktikannya sendiri

    BalasHapus
  13. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai kebali , namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uangdengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang isengbuka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya sayaragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini sayasu dahmelunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 pasti akan di bantu, atau buka websitenya agar lebih di mengerti
    http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  14. Terima kasih Mbah,Suryo angka yg diberikan sma Mbah,tembus lagi ahirnya saya sudah buktikan 3x kemenangan main togel,jika anda sering kala main togel hub:Mbah,Suryo No.082342997888 JAMIN TIDAK KECEWA 100% pasti terbukti..

    Terima kasih Mbah,Suryo angka yg diberikan sma Mbah,tembus lagi ahirnya saya sudah buktikan 3x kemenangan main togel,jika anda sering kala main togel hub:Mbah,Suryo No.082342997888 DI JAMIN TIDAK KECEWA 100% pasti terbukti..

    BalasHapus
  15. http://www.wartaislami.com/2016/03/nyata-imam-ghazali-bertamu-ke-rumah.html
    ini ada kisah keramatnya mmbah sholeh darat

    BalasHapus
  16. Kesesatan yang nyata telah nampak. Hati hati saudaraku seiman dan se agama. Walaa tattabiu khutuwatis syaaithoon. Jgnlah engkau mengikuti langakah setan. Balasannya adalah neraka jahannam. Dan menyekutukan Allah Azza Wa Jalla adalah balasannya neraka Jahannam tanpa hisab. Tdk akan terampuni. Maka jauhilah olehmu pesugihan. Mencarilah rezeki sesuai jalan Allah. Ihdinas syirothol mustqiim

    BalasHapus
  17. Catat: Sebelum tahun 70 an, jilbab masih menjadi busana asing bagi muslimah di Indonesia.

    BalasHapus
  18. Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D



    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D






    Terimakasih banyak AKI karna melalui jalan togel ini saya sekarang sudah bisa melunasi semua hutang2 orang tua saya bahkan saya juga sudah punya warung makan sendiri hi itu semua berkat bantuan AKI JAYA yang telah membarikan angka 4D nya menang 275 jt kepada saya dan ALHAMDULILLAH berhasil,kini saya sangat bangga pada diri saya sendiri karna melalui jalan togel ini saya sudah bisa membahagiakan orang tua saya..jika anda ingin sukses seperti saya hubungi no hp O85-244-015-689 AKI JAYA,angka ritual AKI JAYA meman selalu tepat dan terbukti..silahkan anda buktikan sendiri. 2D 3D 4D 5D 6D


    BalasHapus
  19. Sangat bermanfaat untuk anak sekolah. NUHUN..

    BalasHapus
  20. Sengaja saya mencari kebenaran didalam bertauhid, sudah mulai tampak titik terang bahwa kalau seluruh umat mengakui dirinya penganut agama islam harus belajar dan mengambil seorang guru mursyid sebagai penuntun serta pembimbing untuk berhubung kepada tuhannya dan guru mursyid tersebut hrs berwasilah sampai kepada kanjeng nabi muhammad SAW itulah yang disebut ahlulsunnahwaljama'ah. Saya jemaah tarekat naqsyabandiyah jabal qubis (www.jabalqubis.org) menyampaikan inilah kebenaran.

    BalasHapus